Merawat Kulit Sebaiknya Dilakukan Sejak Dini, Itulah Guna Skincare

Merawat Kulit Sebaiknya Dilakukan Sejak Dini, Itulah Guna Skincare

  • Post category:Blog

Untuk menentukan perawatan dasar yang cocok, perlu untuk mengetahui tipe kulit yang kita miliki. Menurut WebMD kulit remaja—serta kulit pada umumnya—terbagi menjadi empat tipe. Pertama tipe normal, ditandai dengan warna kulit yang rata, halus, tekstur kulitnya lembut, tidak memiliki noda, bintik merah, atau bercak. Tipe kulit ini merupakan yang paling ideal karena memiliki pori kecil, terhidrasi, tidak berminyak, dan tidak kering. Tipe kedua adalah kulit kering yang seringkali kusam, kasar, bersisik, dan gatal. Pemilik tipe kulit kering sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit yang ringan, tanpa pewangi, dan tanpa alkohol. Jangan mandi dengan air hangat lebih dari 10-20 menit dan jangan lupa pula menggunakan pelembap atau minyak untuk mengunci kelembapan kulit.

“Perlu juga olahraga, minum, dan tidur cukup agar tubuh melepaskan antioksidan,” ujar Kardiana. Antioksidan dalam tubuh berfungsi menangkal radikal bebas, termasuk sinar UV, untuk mencegah penuaan, kerut, bintik hitam, dan jerawat.

Sementara itu, untuk Anda pemilik kulit berminyak yang punya pori-pori terbuka, gampang berjerawat, komedo, dan terlihat mengkilap, disarankan mencuci muka dua hingga tiga kali sehari. Jika perlu, bawalah pembersih ke sekolah. Laman WebMD menyarankan pembersih yang ringkas dan mengandung benzoil peroksida, sulfur atau asam salisilat untuk membantu melarutkan minyak.

“Jangan pernah memencet jerawat karena akan menyebarkan peradangan, memperburuk kondisi jerawat, dan menyebabkan jaringan parut,” saran laman tersebut.

Terakhir, perawatan untuk kulit kombinasi bisa dilakukan dengan menggunakan losion biasa di area kering dan losion ringan di area berminyak. Pemilik kulit kombinasi biasanya punya area berminyak ‘T-Zone’ yang berada di dahi, hidung, dan dagu, sementara area lainnya cenderung kering. Untuk menjaga agar kulit sehat sejak dini, WebMD menyarankan empat langkah dasar perawatan kulit bagi remaja. Pertama membersihkan kulit, tahapan ini akan membuang kelebihan minyak dan kotoran pada kulit sehingga mencegah timbulnya jerawat. Setelahnya menggunakan pelembap, minimal pagi dan sore hari. Ketiga, rawat bagian kulit yang butuh perlakuan khusus, misalnya mengoleskan krim khusus di area jerawat. Tutup rangkaian perawatan dasar itu dengan menggunakan tabir surya, terutama pada puncak waktu panas, sekitar pukul 10 hingga 14. Meski demikian Kardiana menyarankan untuk menggunakan tabir surya sepanjang waktu, saat di luar maupun dalam ruangan, ketika cuaca mendung ataupun cerah. Jika beraktivitas di dalam ruangan, cukup gunakan tabir surya SPF 30, sementara mereka yang lebih banyak berada di luar disarankan menggunakan SPF 50. Kandungan SPF pada tabir surya dapat ditentukan dari tingkat kepadatan losion. Semakan lengket tabir surya, maka semakin tinggi SPF yang terkandung di dalamnya.

Leave a Reply